Tips Mengurangi Kecanduan Bermain Gadget

     Perkembangan teknologi komunikasi membawa dampak positif dan juga negatif bagi para penggunanya. Canggihnya fitur-fitur yang ada semakin membuat seseorang bergantung pada alat komunikasi tersebut karena semuanya tersedia di dalamnya. Fitur-fitur tersebut seperti messenger, social media, internet, game, hingga aplikasi untuk diet pun bisa didapatkan dengan mudah. Akhirnya pengguna ‘malas’ berinteraksi dengan lingkungan sosialnya dan malah berkutat dengan hapenya. Bahkan banyak orang terbukti tidak bisa lepas dari ponsel mereka dan cenderung gelisah apabila berjauhan dengan gadget. Apakah anda merasakan hal yang sama? Bisa jadi anda sudah kecanduan gadget!
Nahh, berikut ini saya akan memberikan tips agar anda dapat menghilangkan kecanduan bermain gadget berlebihan.

1. Perbanyak kegiatan outdoor.

     Nah, seandainya kita lebih memperbanyak porsi bermain di luar atau bersama teman-teman, tentu ini akan membuat kita menjadi lupa terhadap kebiasaan bermain gadget. Untuk anak laki laki, sangat bagus apabila mencoba untuk suka olahraga, seperti bermain sepakbola, basket, dan olahraga lain yang tentu dapat membuat kita bisa dengan cepat melupakan kebiasaan bermain gadget tadi. Tapi perlu diingat, jangan terlalu over juga dalam bermain di luar rumah. Waktu bermain di luar dan berada di rumah bersama keluarga, ataupun mengerjakan tugas sekolah juga harus diseimbangkan.

2. Bulatkan tekad untuk mengurangi kecanduan gadget.

     Hal yang paling dasar sebelum memulai segala sesuatu adalah niat. Seberapa besar niat kita untuk berhenti atau setidaknya mengurangi kebiasaan bermain gadget, kalau tekad kita betul betul sudah bulat maka tentu ini akan menjadi lebih mudah dalam usaha mengurangi kebiasaan bermain dengan smartphone. Semakin besar niat kita, semua godaan yang mengarah agar kita bermain gadget tentu semakin mudah untuk dapat kita hindari.

3. Alihkan ke kegiatan lain saat ingin bermain gadget.

     Pasti selalu ada saat dimana kita ingin sekali main game di gadget atau menggunakan gadget! Nah, saat itu juga usahakan kamu sudah punya alternatif kegiatan lain. Contohnya saja kegiatan membantu orang tua ataupun kegiatan yang sifatnya tidak mengarah ke gadget. Tips sederhana yang bisa kamu lakukan adalah saat kamu sudah tidak tahan lagi ingin main gadget, cobalah untuk menonton TV dan secepat mungkin tidak memikirkan gadget dan yang lebh bagus lagi yaitu mencoba bermain di luar rumah dan jangan bawa gadget-mu.

4. Atur jarak dengan si gadget.

     Untuk menghindari interaksi (dengan si gadget), tentu jarak sudah pasti berpengaruh. Tetapi akan lebih baik jika kamu mencoba untuk tidak membawa gadget setiap kamu bepergian, misalnya saja kamu yang saat ini ke sekolah sudah membawa gadget, kumpul bersama teman bawa gadget, dan sampai sampai menonton TV pun gadget-mu ada di dekatmu. Hal ini tentu tidak akan bisa dihindari dan kamu pun tidak akan bisa menghilangkan dan mengurangi kecanduan gadget tersebut. Langkah yang dapat kamu coba yaitu benar-benar tidak bersentuhan dengan gadget. Cobalah untuk mengistirahatkan gadget dan taruh di tempat yang agak sulit di jangkau, misal saja di laci atau di tempat yang lain yang sekiranya kamu jarang berinteraksi dengan tempat itu.

     Oh iya, pengguna gadget dan sosial media sudah sangat banyak, sampai-sampai aplikasi emulator game untuk android pun banyak bermunculan, belum tahu apa itu emulator? Silakan anda baca disini https://mufalz.wordpress.com/2017/05/28/apa-itu-emulator-software-emulator-game-untuk-android/

5. Buat jadwal pasti mengenai kapan anda akan menggunakan gadget.

     Bagi kamu yang benar-benar tidak mungkin bisa menghilangkan kebiasaan bermain gadget, maka langkah yang paling tepat adalah dengan mengurangi kebiasaan tersebut. Solusi yang tepat adalah membuat jadwal kapan kamu memegang gadget, belajar, dan bermain di luar rumah alias beraktivitas tanpa gadget. Dengan membuat jadwal tersebut, anda pasti akan lebih mudah dalam mengatur dan me-manage pikiran agar tidak teralih ke gadget.

     Kita tahu bahwa informasi tak luput dengan yang namanya smartphone, terutama informasi di sosial media. Tentu hal ini juga penting untuk kehidupan kita, bukan? Nah, untuk itu aturlah hal-hal yang berkaitan tersebut menjadi sebuah jadwal, misalnya saja waktu main gadget adalah jam 4 sore sampai jam 6 sore, atau jam 6 sampai jam 8, dan lain sebagainya. Dengan membuat jadwal, tentu anda akan lebih teratur dan lebih ter-manage mengenai waktu yang anda gunakan setiap harinya. Kalau anda tidak membuat jadwal, pasti ada banyak godaan dan hal-hal yang membuat kita terpaksa ingin memainkan gadget secara terus menerus.

Sumber : http://www.hipwee.com/list/5-tips-ini-akan-membuatmu-bisa-menghilangkan-kebiasaaan-main-gadget-berlebihan/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s